Korea Tergila Golongan Darah

Original article by James Turnbull at The Grand Narrative
Indonesian translation by Geraldi A. Bhaskara

Panel di atas mengingatkan saya akan Blade Runner. Ini adalah sesuatu yang ironis mengingat iklan di atas dibuat berdasarkan kepercayaan kuno bahwa golongan darah menentukan kepribadian seseorang. Terlebih lagi adalah sesuatu yang mengejutkan bahwa beberapa perempuan Korea menolak pria-pria bergolongan darah B sebagai calon suami. Singkat kata, efek dari kepercayaan golongan darah menentukan kepribadian seseorang tidaklah seremeh menertawakan ramalan horoskop di majalah.

Tandy Homme

Sebuah iklan yang aneh (dan sedikit mengganggu) untuk produk Tandy ditemukan di situs ini tentang film “My Boyfriend Is Type B” (2005)

Untuk menghindari anggapan bahwa semua orang Korea memiliki kekurangan dalam berpikir secara kritis, ada baiknya untuk mempertimbangkan blog yang sempat terpampang di halaman depan Yahoo! Korea sekitar sebulan lalu. Blog tersebut menduduki peringkat 12 blog Korea terpopuler berdasarkan sebuah sistem ranking blog. Lebih detail, artikel blog ini menduduki peringkat 87.738 dari 4.644.184 – sehingga artikel ini sudah dibaca oleh banyak orang.

SUNGGUH TIDAK NYAMAN KARENA KOREA ADALAH SATU-SATUNYA NEGARA DI DUNIA YANG MEMILIKI IKLAN TENTANG GOLONGAN DARAH

A, B, O, and AB at the canteen

Empat orang, seorang dengan golongan darah A, seorang lagi bergolongan darah B, sisanya bergolongan darah AB dan O. Mereka berempat duduk bersama di kantin menikmati makan siang.

Tiba-tiba, AB menghentikan makannya dan bangkit dari duduknya lalu berlari keluar, kemudian O mengikutinya. A dan B tetap di tempat duduk mereka masing-masing, dengan agak tergugup A bertanya kepada B, “apa dia marah kepada saya?”

(Catatan penulis: “saya tidak mengerti makna di balik karikatur tersebut. Untuk versi panjang karikatur tersebut dapat dilihat di sini )

Di dunia internet maupun dunia nyata, banyak sekali humor tentang golongan darah yang mana orang sudah sangat jengah mendengarnya.

Golongan darah dan analisis kepribadian pada awalnya diturunkan dari sebuah metode buatan orang Jerman tentang bagaimana meningkatkan kualitas sebuah ras (eugenics). Seiring dengan kejatuhan Nazi, metode ini semakin lama semakin ditinggalkan karena dianggap hanya indoktrinasi Nazi belaka. Namun analisis kepribadian berdasarkan golongan darah ini secara kuat berakar di Jepang di tahun 1970-an dan menjalar ke budaya Korea, menjadikan Korea satu-satunya negara yang masih memegang erat kepercayaan tersebut. Sebagai bukti, kumpulkan dua atau tiga orang Korea di satu tempat yang sama, dan sudah dapat dipastikan yang terjadi berikutnya mereka akan berbincang mengenai golongan darah.

Iklan di awal artikel yang menampilkan grup Big Bang menggambarkan masing-masing personel jatuh cinta dan memanjakan perempuan berdasarkan golongan darah mereka.

Pada dasarnya, saya adalah orang yang mudah diyakinkan dalam mempercayai sesuatu, sehingga saya sering percaya tentang validitas teori golongan darah dan kepribadian seseorang, namun tetap saya tidak yakin bahwa 6 milyar manusia di muka bumi ini dapat digolongkan dan dikotak-kotakkan hanya berdasarkan empat golongan saja. Dan permasalahan yang terjadi di Korea adalah masyarakat terpengaruh akan hal tersebut di saat teori tersebut tidak menunjukkan bukti-bukti yang kuat dan teori tersebut lebih banyak berisi generalisasi dan prasangka-prasangka yang buruk.

Atas alasan tersebut, melihat iklan ini membuat saya sedikit tidak nyaman. Saat kepercayaan (yang salah kaprah) tentang golongan darah dan kepribadian dipadukan dengan humor yang menyentil kultur dan kemudian dieksekusi dalam bentuk iklan seperti di atas, itu sama saja membuat teori tersebut makin tertancap kuat di benak setiap orang.

Seperti yang kita ketahui bersama, iklan selalu merefleksikan sinyal-sinyal kultural masyarakat. Sekalipun begitu tetaplah sebuah masalah apabila kita berkata, “orang dengan golongan darah ini berperilaku seperti ini, yang bergolongan darah itu berperilaku seperti itu, jadi itulah mengapa Anda melakukan hal yang sekarang Anda lakukan, kan?” dan inikah yang kita inginkan, menggolongkan seluruh dunia hanya ke dalam empat tipe?

Omong-omong, golongan darah saya adalah O. Apakah ini tipikal orang O untuk berkata macam ini? (***)

Tidak sekedar menyampaikan kritik ketika saya memulai menerjemahkan blog tersebut, sebenarnya itu bukanlah tujuan saya. Berkaitan dengan itu, saya baru saja menemukan berita lain yang lebih panjang tentang dua kampanye iklan tersebut. Saya dengan senang hati turut menerjemahkan bila ada orang yang tertarik.

Di saat yang bersamaan, saat mencari beberapa gambar terkait dengan artikel, saya menyadari bahwa sekali lagi bahwa kekuatan dan efektivitas kampanye hanya akan bekerja apabila iklan tersebut menggunakan perempuan muda dalam balutan kaos ketat dan atau rok mini dalam menyuarakan Hari Donor Darah Sedunia tahun ini (kiri) dan gambar di kanan. Saya memaksakan diri untuk memberontak dalam pemikiran, kendati memang iklan semacam ini tidak mengurangi esensi ajakan mulia untuk menyumbangkan darah. Namun saya tetap tidak tahan.

Sebagai perimbangan, iklan tahun ini juga menampilkan grup Super Junior. Untuk gambar besar mereka bersama Girl’s Generation mengampanyekan donor darah dapat dilihat di sini.

——-

Update dari penerjemah: akhirnya ada juga lagu yang mengambil judul bertema golongan darah yaitu “Nu ABO” yang dibawakan oleh grup remaja f(x). Lirik dan terjemahan di sini.

Update lagi dari penerjemah: kegilaan tersebut masih berlanjut dengan hadirnya boyband paling gres yang diberi nama B1A4. Asal nama unik tersebut berasal dari seorang personel mereka yang bergolongan darah B, dan empat personel sisanya bergolongan darah A (!)

B1A4

About asokamaurya

Big brother, son, friend, lover

Posted on May 17, 2011, in Potret Kehidupan Sosial Korea and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. bingung mw komen ap..
    -_-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: