Takut …. Banci

Berkali-kali saya mengklaim diri saya sebagai seorang feminis, atau sebagai seseorang yang membela hak-hak kaum minoritas, dalam kasus ini LGBT (lesbian, gay, bisexual, transgender). Walaupun saya gak terlibat aktif dalam sebuah organisasi yang vokal membela hak mereka sih, saya berjuang dengan berbicara. Maksudnya berbicara langsung atau meluruskan hal-hal tentang mereka di Twitter dan berharap followers saya mengerti.

Tapi …………………… ada satu fakta yang gak banyak orang tau tentang saya. Saya bongkar di sini saja. Saya – takut – sama – ……………. banci.

Banci di sini yaitu banci lampu merah yang nyeremin, bukan cowok kemayu yang pake baju cowok, macam Olga Syahputra gitu, bukan pula banci cantik kayak Nong Poy atau banci Thailand. Saya takutnya sama banci yang pake baju cewek dan dandan, tapi muka masih cowok banget. Jadi kalo nonton Be A Man, bisa aja saya ketawa-tawa sampe jumpalitan, tapi belum tentu saya berani kalo bertatapan muka langsung sama mereka.


Kemarin sore, saya dan temen saya naik mobil dalam perjalanan menuju mal ketemu seseorang. Sambil jalan, karena kebetulan jalanan padat merayap, akhirnya mata kami berdua jelalatan. Nah, di pinggir jalan di depan sebuah minimarket A, kami melihat dua orang banci lagi ngamen. Mereka berdua bagi tugas, satu tugasnya joget, satu lagi megangin speaker. Beeuuuhh, banci yang megangin speaker gayanya prokem sangat, sambil megang rokok tangannya dilipet di dada, sembari nungguin banci yang satunya dapet duit hasil joget. Di dalam mobil, kita berdua ngakak.

Pelan-pelan, mobil berjalan. Nah, tapi masih agak macet. Ketika mobil berhenti lagi, mata kami mencari lagi keberadaan dua banci itu. Nah rupanya mereka melipir ke toko sebelah, ke minimarket I. Sekarang ngakaknya makin kenceng! Bukan apa-apa. Sekarang banci yang joget itu lebih berani. Kalo tadi cuma joget di depan tukang makanan yang ada di luar, sekarang banci itu berani masuk ke dalam minimarket, joget-joget di depan kasir pulak! Ahahahahaha…..

Mobil jalan lagi, masih juga pelan-pelan, dan dua banci itu juga jalan pindah tempat lagi. Di jalanan melintas beberapa cowok ABG, dan banci itu liat-liatin mereka, huahahahahaha….. Setelah itu jalanan lancar dan kita gak liat lagi dua banci itu ngamen di mana lagi.

Saya sebenarnya takut sama banci itu karena keisengan teman waktu SMA. Malam-malam kita naik mobil keliling Jakarta, ada satu teman nantangin, “eh masuk Taman Lawang. Gimana?” pikir saya waktu itu Taman Lawang cuma banci gitu doang, kenapa musti takut?

Eh ternyata begitu mendekat, mobil kita langsung dikerubutin banci, macam masuk Taman Safari aja, tapi ini lebih nyeremin dan ninggalin trauma daripada mobil dikelilingin singa dan harimau. Rencananya, kalo ada banci ngedeket, kita langsung tancap gas kabur ngebut. Gak taunya, beberapa banci pake ketok-ketok kaca jendela segala. Yang nekat dia naik kap mobil. Karena gak digubris, ada banci yang ngancem mau mecahin kaca spion, dan mobil kita digoyang-goyang dari luar. Saya jadi panik, itu pertama kalinya face-to-face sama beberapa orang banci, dan cuma dipisahkan oleh kaca mobil. Spooky beneran, sungguh…

Sejak saat itulah, saya usahakan jauh-jauh dari yang namanya banci, apalagi banci serem. Pada akhirnya cuma berani ngetawain dari jauh aja, entah dari nonton TV atau ketawa-tawa dari dalam mobil kayak tadi. Kalo ngeliat langsung dari deket sih, waah makasih ya… Udah kenyang… hehehehe….

About asokamaurya

Big brother, son, friend, lover

Posted on October 1, 2010, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

