Korean Pop

OK, sekarang saya mau ngasih kuliah dikit soal salah satu genre musik di Asia, yaitu Korean pop (Kpop).

Nah, dari zaman duluuu banget, saya itu gak pernah pay attention sama musik-musik yang dibawain oleh penyanyi dan musisi dari Asia Timur (China, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea). Paling banter nonton film Hongkong sama dorama Jepang laaah, hehehehe….

Tetapi, semua itu runtuh sampai saya tersihir dengan sebuah girlband asal Korea, namanya So Nyuh Shi Dae (SNSD) alias nama Inggrisnya Girls Generation, girlband yang jumlahnya (buat orang awam pasti fantastis) 9 orang, sodara-sodara… Kesembilan-sembilannya cantik-cantik, parah…. dan saya berhasil disihir hanya dengan 1 lagu mereka yang berjudul “Gee“.

Awal saya tau SNSD itu dari Kaskus, justru karena sebuah thread yang memaparkan bahwa mereka cantik karena hasil operasi plastik. Saya sih percaya beberapa dari mereka udah cantik dari kecil, dan ada 3 personel yang saya percaya mukanya hasil permakan (buat yang baru jadi penggemar baru dunia showbiz Korea, operasi plastik akan jadi culture shock buat kalian. Terima saja kalo ternyata wajah masa lalu artis idola tidak sebening sekarang, lama-lama juga akan terbiasa, hehehehehe…..)

Ini dia penampakan mereka yang aduhai itu:

Girls Generation

Dan kalo favorit saya di SNSD itu Yuri, Soo Young, dan Hyo Yeon. Bagaimana dengan kalian? Hehehehe…. Anyway, saya butuh waktu 2 minggu untuk ngapalin muka dan nama mereka.

Setelah kurang lebih 6 bulan jadi pendengar dan pengamat Kpop amatir, saya mulai bisa cerita dan menyimpulkan Kpop itu jenis musik seperti apa.

Baik, ranah Kpop yang sekarang sedang dikuasai oleh girlband dan boyband. Kalo di Indonesia, solis pria Rain sempat ngetop, nah sekarang solis-solis lagi gak gitu bunyi. SNSD itu sekarang girlband nomor 1 di Korea. Ah, keburu lupa, nih kalo mau tau mereka lebih banyak, gabung aja forumnya. Forum internasional di http://www.soshified.com dan forum Indonesia-nya di http://forum.snsd-indonesia.us.to

Lanjut ya… kayak apa sih bunyinya lagu yang digolongkan Kpop itu? Yah, persis lagu-lagu pop Amerika kayak zaman Britney Spears masih perawan, banyak pake instrumen musik elektronik. Pembagian tugas dalam girlband dan boyband itu mostly terbagi 3, ada yang jadi vokalis, dancer, dan rapper (sekarang kecenderungannya girlband dan boyband pasti punya rapper, gak ngerti kenapa harus punya rapper). Selain lagu, setiap grup di setiap lagu pasti punya trademark dance. Ini salah satu yang bikin istimewa, bahwa di tiap lagu ada dance movement yang khas dan memorable.

Plus, setiap grup punya positioning dan image masing-masing. Ada yang mengusung konsep cute, konsep mature, konsep seksi, konsep badboy, itu contoh-contohnya. Dan konsep fashion yang berbeda di setiap album baru.

Jujur, memang tepat apabila musik jenis ini disebut Kpop, pop yang sepop-popnya. Pop dari segi daya bunuh lagu yang luar biasa catchy dengan part-part lirik yang dinyanyikan berulang-ulang, pop dari segi sound dan musik yang sedang tren di Barat sana, pop saking ringannya lagu-lagunya, ibarat gelembung sabun yang ditiup sampai besar, dan lantas pop! Hilang karena satu tiupan. Pop, karena musikalitas mereka rendah. Seperti umumnya artis-artis pop mereka hanya membawakan lagu-lagu ciptaan orang (masih tetap kerenan musisi Indonesia kok, sungguh…)

Saya sadar umur grup cewek-cewek lucu idola baru ini saya gak akan lama. Yaaah, kita berdoa saja yang terbaik buat mereka.

Buat musisi Indonesia, jangan kecil hati kalo merasa kalah ganteng atau kalah cantik. Sudah terbukti kita masih bisa menelurkan band-band dan solis-solis jagoan yang kreatif dan skillful kok. Buat para produser, sudahlah… Konsep boyband dan girlband amat sangat tidak cocok diterapkan di Indonesia. Kekuatan musik Indonesia itu di band dan solis, buat apa bikin girlband dan boyband yang cuma ngetop 3 tahun, abis itu bubar? Mendingan itu band-band alay dihapuskan dari peta industri musik Nusantara, dan orbitin band-band gagah yang bisa mengulangi kejayaan 1 juta copy-nya Sheila on 7, Dewa, Jamrud, Peterpan, dan kawan-kawan.

PS: HIDUP MUSIK INDONESIA!

About asokamaurya

Big brother, son, friend, lover

Posted on September 26, 2010, in Musik. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: